fbpx

Apa itu API? Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

Tak heran jika sangat penting, lalu apa itu API? ,fungsi dan cara kerjanya. API adalah singkatan dari Application Programming Interface. API memungkinkan produk atau layanan Anda berkomunikasi dengan produk dan layanan lain tanpa Anda harus tahu cara mengimplementasikannya. Metode ini dapat menyederhanakan pengembangan dan menghemat waktu dan uang.

 Anda mendesain alat dan produk baru, atau mengelola yang sudah ada, API memberi Anda fleksibilitas untuk menyederhanakan desain, pengelolaan, dan penerapan, serta memberikan peluang untuk inovasi. API juga terkadang dipandang sebagai kontrak, dengan dokumentasi yang mewakili kesepakatan antara para pihak.

API didefinisikan sebagai spesifikasi kemungkinan interaksi yang diprediksi dengan komponen perangkat lunak. Secara sederhana, API dapat digambarkan sebagai kendaraan yang berisi komponen perangkat lunak. API berisi informasi tentang apa yang dapat dilakukannya, misalnya rem, menyalakan radio, dan lainnya. Ini juga mencakup informasi tentang bagaimana membuatnya melakukan hal-hal yang berguna.

 API tidak perlu menjelaskan apa yang terjadi di dalam mesin. Jadi, jika Anda belajar mengemudikan mobil bermesin pembakaran dalam, Anda bisa berada di belakang kemudi mobil listrik tanpa harus mempelajari keterampilan baru. Informasi apa dan bagaimana dikumpulkan dalam definisi API yang abstrak dan terpisah dari mobil itu sendiri. Perhatikan bahwa nama beberapa API sering digunakan untuk merujuk pada spesifikasi interaksi dan komponen perangkat lunak aktual yang berinteraksi dengannya.

API dapat berfungsi penuh secara khusus untuk komponen atau dikembangkan ke standar untuk memastikan interoperabilitas. Dengan menyembunyikan informasi, API memungkinkan pemrograman modular, memungkinkan pengguna untuk menggunakan antarmuka terlepas dari implementasinya.

Baca Juga : Apa Itu Hosting? Pengertian dan Manfaatnya

Fungsi API

1. Jika Anda ingin menyesuaikan untuk menampilkan satu atau lebih halaman web, Anda tidak perlu memprogram browser web Anda sendiri dari awal untuk aplikasi Anda. Anda dapat menggunakan API WKWebView untuk menanamkan browser WebKit (Safari) dalam aplikasi Anda.

Baca Juga :  Manfaat SEO secara Umum untuk Blogger Pemula

2. Jika Anda ingin merekam foto atau video dari kamera iPhone, Anda tidak perlu menulis antarmuka kamera Anda sendiri. Anda menggunakan api kamera untuk menanamkan kamera standar iPhone di aplikasi Anda. Jika api tidak ada untuk membuat metode ini lebih mudah, pengembang aplikasi harus membuat perangkat lunak kamera sendiri dan menafsirkan entri perangkat keras kamera.

Namun, pengembang sistem operasi Apple telah melakukan semua bagian ini sehingga kamera api pengembang hanya dapat digunakan untuk menyematkan kamera, dan kemudian terus membangun aplikasi mereka. Jadi, jika Apple meningkatkan api kamera, semua aplikasi yang bergantung pada itu secara otomatis meningkat.

Cara Kerja API

API sering digunakan untuk banyak hal dan penghinaan. Misalnya, jika Anda telah melihat objek Maps tertanam di web, situs menggunakan Google Maps API dapat menanamkan kartu. Google menjelaskan api ini dengan pengembang web, yang kemudian dapat menggunakan api untuk menghapus objek yang kompleks langsung di situs web Anda. Jika api ini tidak ada, pengembang mungkin perlu membuat kartu Anda sendiri dan tentukan data peta Anda sendiri untuk membuat peta interaktif kecil di situs.

Karena ini adalah API, Google dapat mengontrol akses ke Google Maps di situs web pihak ketiga untuk memastikan bahwa mereka secara konsisten digunakan untuk mencoba kerangka yang menampilkan situs web Google Maps acak, misalnya. Metode ini juga berlaku untuk berbagai layanan . Api yang berbeda, misalnya, untuk meminta terjemahan teks dari Google Translate atau untuk menanamkan komentar atau tweet dari Twitter di situs web.

Standar outh juga mendefinisikan sejumlah API yang memungkinkan Anda untuk memasuki situs web dengan layanan lain dengan layanan lain, seperti akun Facebook, Google atau Twitter Anda untuk memasuki situs web baru tanpa membuat akun pengguna baru, tanpa membuat akun pengguna baru, tanpa membuat akun pengguna baru..

Baca Juga :  Jenis Aplikasi Server yang Populer di Pasaran, Wajib Tahu!

API adalah kontrak standar yang menentukan bagaimana pengembang berkomunikasi dengan layanan, dan jenis output diperkirakan akan menerima dari pengembang. Itulah apa itu API?pengertian,fungsi dan cara kerjanya.