alamat ip

Tentang Alamat IP khusus vs. alamat IP yang Perlu Diketahui!

Dewabiz.com – Pertanyaan tentang Anda memerlukan alamat IP khusus atau alamat IP bersama untuk hosting WordPress atau tidak, bisa sangat kontroversial. Sebenarnya, ini adalah topik yang sering dibahas dibeberapa situs web. Mengapa? karena fakta bahwa ada banyak informasi yang salah dan ketinggalan zaman tentang IP khusus dan bagaimana mereka bekerja di Internet. Kami perhatikan bahwa dalam 99% skenario Anda tidak perlu IP khusus .

Meskipun ini mungkin bertabrakan dengan hal-hal lain yang Anda baca. Hari ini kita akan membahas beberapa perbedaan utama antara dua konfigurasi yang berbeda, apa artinya, dan mudah-mudahan mengungkap beberapa mitos yang mungkin pernah Anda dengar di Web, bagaimana mereka mempengaruhi hal-hal seperti email, SSL, dan SEO.

Apa itu alamat IP?

Pertama-tama, penting untuk memahami apa alamat IP itu. IP adalah singkatan dari Internet Protocol dan merupakan alamat yang ditetapkan untuk setiap domain di Web (contoh 🙂 216.58.217.206. Mereka dipetakan ke nama domain yang biasa kita sebut DNS.

Anda dapat membayangkan DNS sebagai direktori untuk World Wide Web. Jika Anda memasukkan Google.com ke bilah alamat Anda, ISP Anda akan melakukan permintaan DNS untuk menanyakan server nama yang terkait dengan domain. Penugasan ke alamat IP kemudian dilakukan di belakang layar melalui server sehingga Anda dapat mengaksesnya melalui nama domain. Tanpa DNS, Anda harus 216.58.217.206 mengetikkan sesuatu seperti itu untuk sampai ke Google.

image by kinsta.com

Saat ini ada dua jenis alamat IP yang digunakan di Web dan bahkan secara lokal oleh ISP dan perangkat seperti router rumah Anda, IPv4, dan IPv6.

Contoh alamat IPv4: 216.58.217.206
Contoh alamat IPv6: 0:0:0:0:0:ffff:d83a:d9ce

Kami tidak akan membahas terlalu banyak detail hari ini, tetapi pada dasarnya Anda perlu tahu bahwa Internet telah tumbuh begitu cepat sehingga membutuhkan ruang alamat yang lebih besar . Pada dasarnya, IP keluar! Salah satu alasan pengembangan IPv6 adalah harus dipastikan bahwa Web dapat terus berkembang dan alamat IP baru dapat ditetapkan. Namun, ketika harus menentukan Anda memerlukan alamat IP khusus dibandingkan dengan alamat IP bersama, semuanya masih berlaku untuk kedua jenis, IPv4 dan IPv6.

Apa itu alamat IP khusus?

Alamat IP khusus persis seperti namanya khusus, yang berarti bahwa domain Anda akan diberi alamat IP yang tidak akan dibagikan atau digunakan oleh domain lain . Ini adalah rumah dari domain Anda di web. Anda dapat membayangkan ini sebagai saluran telepon terpisah. IP khusus didedikasikan untuk domain Anda oleh penyedia hosting WordPress atau add-on yang dapat dibeli dengan biaya murah.

Apa alamat IP yang umum?

Alamat IP bersama, tidak seperti yang khusus, berarti bahwa domain Anda dikaitkan dengan alamat yang dibagikan oleh banyak domain . IP yang Dibagikan adalah umum saat ini dengan sebagian besar penyedia hosting WordPress, karena banyak konfigurasi tidak memerlukan alamat IP khusus. Tetapi kita akan belajar lebih banyak tentang alasan di bawah ini.

Alamat IP bersama tidak selalu berarti bahwa itu adalah hosting bersama.

Satu hal yang penting untuk ditunjukkan adalah bahwa hanya karena situs web Anda menggunakan alamat IP yang sama, itu tidak berarti bahwa itu adalah shared hosting . Hosting bersama biasanya berarti Anda berbagi perangkat keras dan sumber daya jaringan dengan pengguna lain di server, yang mungkin menyertakan alamat IP. Meskipun hal ini sering berjalan beriringan, tidak selalu demikian.

Externe IP / Proxy-Adresse

Tipe lain dari alamat IP yang muncul dengan penyedia hosting atau server proxy tertentu (misalnya Cloudflare atau Sucuri) adalah apa yang kita sebut alamat IP eksternal . Ini biasanya digunakan oleh host yang menggunakan penyeimbang beban atau layanan yang menempatkannya di belakang Web Application Firewall (WAF) dan merupakan alamat yang dilihat server lain ketika situs web Anda terhubung ke server lain.

Misalnya: yourdomain.comawalnya 216.58.217.206dipetakan ke, tetapi dialihkan melalui IP eksternal: 104.16.1.2digunakan oleh layanan yang terhubung ke domain Anda.

Ini penting untuk dipahami, karena jika situs web Anda terhubung ke penyedia pembayaran eksternal seperti PayPal, Anda mungkin perlu memberi PayPal alamat IP eksternal sehingga dapat memasukkan daftar putih alamat IP pada halamannya. Jika Anda pelanggan Kinsta, Anda akan menemukan alamat IP eksternal dari halaman WordPress Anda di dasbor MyKinsta kami di bawah tab Info.

IP khusus Dibagikan: jaringan

Bagian pertama yang ingin kita diskusikan adalah apa yang harus Anda ketahui tentang alamat IP khusus sehubungan dengan jaringan untuk hosting halaman WordPress Anda. Jika Anda mencari di web, Anda mungkin akan melihat beberapa alasan berikut:

Menggunakan alamat IP khusus sehubungan dengan jaringan yang memungkinkan Anda untuk mengunjungi situs web Anda melalui alamat IP-nya (karena itu adalah satu-satunya domain yang terkait dengan alamat IP itu). Misalnya 64.233.187.99, jika Anda memasukkannya, Anda akan langsung pergi ke Google karena ini adalah alamat IP Anda sendiri.

Kedua, dalam hal FTP, ini juga menyediakan cara mudah lainnya untuk mendapatkan akses ke server Anda jika karena suatu alasan, DNS Anda masih diperbanyak atau baru saja diubah.

Ada yang berpendapat , dua alasan yang disebutkan di atas tidak ada keuntungan nyata . Kapan terakhir kali Anda mengunjungi situs web melalui alamat IP-nya? Mungkin tidak pernah. Banyak orang hanya mengedit file host mereka karena alasan # 2 di atas.

Untuk beberapa host, memang benar bahwa menggunakan IP khusus dapat bermanfaat karena dapat memberikan cara untuk mencegah pelambatan CPU dari proses yang berjalan lama terkait dengan IP tersebut. Namun, menurut pendapat kami, host tidak boleh mencekik CPU.

Akses port tambahan bisa menjadi manfaat lain yang diklaim oleh sebagian orang. Tetapi sebagian besar host hari ini memblokir port standar untuk penyalahgunaan, bahkan jika mereka menetapkan IP khusus. Ini biasanya karena mereka masih menggunakan penyedia yang mendasarinya, seperti Google Cloud Platform atau AWS, yang tidak mengizinkan port tertentu untuk komunikasi. Ini diperlukan untuk mencegah penyalahgunaan.

IP khusus penggunaan bersama: email

Email adalah area di mana yang kadang-kadang merekomendasikan untuk menggunakan IP Anda sendiri. Tetapi ada twist. Ini biasanya hanya untuk keuntungan pengirim volume besar. Dan bahkan kemudian, kami tidak merekomendasikan untuk mendapatkan IP khusus melalui penyedia hosting Anda. Jika Anda memilih IP khusus dan hanya mengirim sedikit email, itu bisa melukai Anda!

IP khusus Penggunaan bersama: SSL dan keamanan

Sekarang mari kita bicara tentang apa yang harus Anda ketahui tentang alamat IP khusus dibandingkan dengan alamat IP umum ketika datang ke SSL. Ini adalah area yang telah berubah secara dramatis dalam dekade terakhir. Di masa lalu, jika Anda memerlukan sertifikat SSL, misalnya, untuk mengenkripsi situs e-commerce Anda, Anda harus membeli IP khusus. Namun, kemudian, SNI dikembangkan.

SNI adalah singkatan dari pengenalan nama server , dan ini memungkinkan penyedia hosting untuk menggunakan beberapa sertifikat SSL di bawah satu alamat IP. Pada dasarnya, ia mengirimkan pengunjung sertifikat yang sesuai dengan nama server yang diminta.

Semoga pembahasan ini bermanfaat!

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Karena Anda menemukan posting ini bermanfaat ...

Ikuti kami di media sosial!

0 komentar untuk “Tentang Alamat IP khusus vs. alamat IP yang Perlu Diketahui!”

Tinggalkan Komentar