fbpx

Aged Domain: Kunci Rahasia untuk SEO Website Anda

Aged domain belakangan makin populer di kalangan praktisi SEO karena dapat menjadi salah satu kunci rahasia agar SEO Anda cepat terindeks oleh mesin pencari. 

Membeli domain yang telah berumur adalah jalan pintas untuk membangun reputasi website di mata mesin pencari dan pembaca.

Untuk memahami lebih lanjut tentang domain age, berikut penjelasan mengenai pengertian, manfaat, dan cara membeli domain yang telah berumur. 

Pengertian Aged Domain

Pengertian Aged Domain

Domain age atau aged domain adalah istilah yang sama untuk menyebut sebuah telah berumur. 

Usia domain ini dapat mempengaruhi ranking atau pemeringkatan sebuah website pada mesin pencari seperti

Google akan lebih merekomendasikan kepada pembaca yakni domain-domain  yang lebih berpengalaman atau terpercaya dan hal itu salah satunya dilihat dari usia Domain. 

Domain yang telah berumur lebih memiliki kredibilitas di mata pembaca daripada domain baru sehingga mesin pencari akan lebih memilihnya ketika pembaca mencari suatu atau konten tertentu. 

Manfaat Domain Age

Manfaat Domain Age

Aged domain menawarkan manfaat yang lebih kompetitif bagi Anda yang baru memulai menjalankan website karena portofolio website yang Anda beli sudah bagus di mata mesin pencari.

Berikut ini beberapa manfaat membeli domain age:

1. Lebih Disukai Mesin Pencari

Mesin pencari lebih menyukai domain yang telah memiliki reputasi atau berpengalaman daripada domain baru untuk membangun otoritas website. 

Baca Juga :  Apa Dampak Lupa Perpanjang Domain dan Hosting

Ketika Anda membeli aged domain, hal ini akan membantu Anda dalam membangun reputasi bisnis atau karena website memiliki reputasi yang lebih bagus.

Bisnis Anda pun akan tumbuh lebih cepat ketika menerapkan strategi untuk mengakuisisi website dengan aged domain.

2. Ranking Website Akan Lebih Baik

Pemilik website akan mendapatkan keuntungan dari pembelian domain yang berumur karena bisa mendaftarkan halaman ke banyak direktori. 

Domain yang telah terdaftar sebelumnya tidak akan merepotkan Anda karena hanya perlu memperbarui informasi pada direktori yang sudah ada sebelumnya.

3. Berpeluang Memiliki Nama Domain yang Pendek

Nama domain untuk sebuah website yang baik hanya terdiri dari 6-10 karakter. Namun hal itu mungkin sulit Anda dapatkan jika membeli domain baru karena biasanya memiliki nama domain yang lebih panjang. 

Padahal hal ini dapat menentukan kesuksesan bisnis Anda karena nama domain yang pendek lebih menarik dan mudah diingat. Memilih aged domain adalah alternatif yang tepat, yang bisa Anda coba.

Biasanya nama domain yang lebih pendek ada pada aged domain atau yang sudah lebih dahulu mendaftar.

4. Aset Penting untuk Investasi

Memiliki aged domain adalah penting bagi seorang pemula karena dapat lebih cepat meningkatkan performa website di mesin pencari. Berkat domain age, Anda dapat menghasilkan kunjungan dari calon yang lebih banyak.

Meski begitu, terdapat catatan kelemahan dari pembelian domain yang telah berumur ini. Pertama, harga domain age lebih mahal. Namun hal itu bergantung kepada historis website yang Anda beli.

Cara Aman Membeli Domain yang Telah Berumur

aged domain adalah

Cara beli aged domain yang aman adalah mencari domain age yang tepat. Dewabiz memberikan 5 hal berikut ini ketika Anda mencari domain age yang tepat:

Baca Juga :  Jenis Aplikasi Server yang Populer di Pasaran, Wajib Tahu!

1. Mengecek Umur Domain

Hal yang pertama perlu Anda lakukan adalah mengecek umur domain. Umur domain dapat Anda cek dengan menggunakan alat bantu dari lookup.icann.org. Semakin lama umur sebuah domain maka semakin bagus reputasi website tersebut.

2. Pahami Sejarah Domain

Anda dapat menggunakan situs archive.org untuk mengetahui terkait perkembangan domain yang Anda cari.

3. Mencari Manual

Hal yang perlu Anda perhatikan saat mencari domain secara manual adalah melihat reputasi off page terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli atau tidak. Banyak jasa penyedia domain yang bisa Anda gunakan, salah satunya adalah Dewabiz.com.

Penjelasan mengenai aged domain di atas sangat penting bagi Anda yang sedang mencari domain yang telah berumur untuk mempercepat peningkatan reputasi pada website Anda.