fbpx

5 Aplikasi Ujian Online Gratis yang Bisa Anda Coba

Perkembangan yang semakin maju, memungkinkan ujian menggunakan cara . Inilah 5 macam gratis yang bisa dicoba.

Perkembangan teknologi yang terus mengalami peningkatan seperti sekarang ini sangat mendukung ketika pembelajaran dilakukan secara jarak jauh. Saat ini banyak bermunculan aplikasi yang mendukung untuk melakukan proses pembelajaran tanpa harus melakukan tatap muka secara langsung. Tidak hanya pembelajaran saja akan tetapi pada saat proses ujian apapun itu saat ini sudah menggunakan bantuan aplikasi. 

5 Aplikasi Ujian Online Gratis 

Macam-macam dari aplikasi untuk ujian ada yang bisa dilakukan secara gratis dan ada juga secara berbayar. Pada saat Anda menggunakan online gratis maka untuk fitur-fitur yang diberikan sudah cukup bisa digunakan secara fungsional. 

Maka dari itu ketika ada yang aplikasi ujian online gratis kenapa harus menggunakan aplikasi ujian online berbayar ketika mempunyai beberapa fitur sama. 

1. Google Form 

Aplikasi ujian online gratis yang saat ini banyak digunakan oleh kalangan masyarakat adalah aplikasi Form. Google Form menjadi salah satu aplikasi terbaik yang mempunyai beberapa fitur dengan aplikasi google pembelajaran lainnya. 

Untuk aplikasi google pembelajaran yang terhubung dengan google form adalah google classroom. Selain itu, untuk aplikasi ujian online gratis yang satu ini bisa digunakan dengan menyesuaikan dengan materi dan soal ujian. 

Pada saat pembuatan soal ujian pada google form bisa juga dengan bentuk esai panjang atau pendek maupun juga dapat berbentuk pilihan ganda. Manfaat lain pada saat Anda menggunakan google form bisa menjadi salah satu alat untuk melakukan survey agar mendapatkan hasil yang efektif. 

Baca Juga :  Keuntungan Membangun Website Dengan WordPress

2. Soal Online 

Aplikasi ujian online gratis satu ini mempunyai berbagai fitur yang bisa digunakan oleh para penggunanya. Fitur yang bisa Anda dapatkan pada saat Anda menggunakan aplikasi tersebut mulai dari membuat grup untuk siswa, membuat presensi siswa, memberikan latihan soal sampai dengan melakukan perekapan nilai dengan cara yang otomatis. 

Selain itu untuk para guru menggunakan aplikasi Soal Online maka dapat melakukan pembuatan e-reporting dan juga dapat memonitoring soal-soal yang sudah dikerjakan oleh siswa-siswanya. Soal Online tidak hanya digunakan oleh kalangan siswa maupun guru saja akan tetapi aplikasi ujian online gratis yang satu ini bisa dimanfaatkan juga oleh berbagai dinas pemerintahan 

Untuk para dinas pemerintahan bisa memanfaatkan aplikasi Soal Online pada saat akan melakukan monitoring terhadap beberapa siswa dan juga ada dashboard khusu yang bisa khusus digunakan oleh dinas. 

3. Zoho Challenge

Zoho Challenge merupakan aplikasi ujian online gratis mempunyai beberapa fitur menarik yang bisa digunakan oleh para siswa maupun guru. Fitur keunggulan dari aplikasi satu ini adalah bisa membuat soal-soal tes sekolah maupun soal ujian sekolah secara lebih cepat. 

Selain itu, untuk kecanggihan lainnya adalah Anda bisa menambahkan beberapa konten multimedia seperti audio,gambar dan suara. Untuk para siswa yang menggunakan aplikasi ujian online gratis Zoho Challenge bisa melakukan pengumpulan beberapa soal atau yang sering disebut dengan bank soal. 

Baca Juga Berikut : Rekomendasi 10 Aplikasi Website Gratis Tanpa Coding, Wajib Coba

4. Testmoz 

Aplikasi ujian online gratis Testmoz adalah menjadi salah satu aplikasi yang mempunyai desain secara simple dan mudah digunakan oleh para penggunanya. Selain itu, pada saat menggunakan aplikasi satu ini pada saat ujian maupun pembelajaran bisa dilangsungkan secara bersamaan dengan jumlah siswa sebanyak 50 orang. 

Baca Juga :  Kenali Fungsi-fungsi Web Server untuk Website Anda

Untuk Anda yang akan membuat soal di Testmoz maka ada beberapa pilihan mulai dari soal pilihan ganda, pilihan benar atau salah, soal survey dan masih banyak jenis-jenis soal lainnya.

Testmoz juga mempunyai fitur sama dengan aplikasi yang sebelumnya yaitu dapat melakukan pengumpulan beberapa soal supaya bisa dijadikan sebagai referensi pada saat akan membuat soal. 

Pada saat Anda tidak mempunyai maupun laptop untuk aplikasi yang satu ini bisa digunakan pada smartphone milikmu dengan mode desktop. Sehingga untuk tampilan yang diberikan pada mode desktop sama dengan ketika Anda menggunakan komputer atau laptop. 

5. Quizegg

Quizegg merupakan gabungan antara kecanggihan teknologi dengan kesederhanaan teknologi. 

Aplikasi ujian online gratis satu ini dapat mempermudah para kalangan guru pada saat proses pembuatan soal yang pengerjaannya dilakukan secara online. 

Saat proses pengerjaan soal sudah selesai maka Anda akan diberikan hasil secara detail dan mudah dipahami oleh semua pengguna nya. Pengguna terbanyak dari aplikasi Quizegg adalah para kalangan guru-guru yang membuatkan soal dan dikerjakan secara online para siswanya. 

Pada saat proses mengerjakan soal ujian harus mempersiapkan beberapa alat teknologi agar dapat berjalan secara baik tanpa ada satu kendal apapun. Maka dari itu untuk Anda para siswa atau guru yang akan melakukan pengerjaan soal ujian, bisa menggunakan aplikasi ujian online gratis. 

Baca Juga Artikel Berikut : Cara Download Video Youtube Tanpa Aplikasi

Beberapa macam-macam aplikasi ujian online gratis yang sudah di sebutkan di atas Anda bisa langsung saja memilih mana aplikasi cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda.