fbpx

5+ Alasan Kenapa Harus Menggunakan Domain .MY.ID

Memilih yang tepat untuk situs web pribadi sangatlah penting. Mengapa? Karena Anda akan menggambarkan  diri Anda. Memilih nama juga harus unik agar lebih mudah diingat.

Selain .COM, ada banyak ekstensi nama domain yang bisa Anda gunakan lho! Namun, disini  disarankan untuk menggunakan domain my.id untuk membuat situs web pribadi Anda. Belum yakin bagaimana cara menggunakannya? Atau apakah Anda bertanya-tanya apa keunggulan luar biasa dibandingkan dengan yang lainnya?

Apa itu Domain MY.ID?

MY.ID adalah jenis domain .ID yang dikelola secara resmi oleh Pengelola Nama Domain Indonesia (PANDI). Domain ini khusus untuk situs web pribadi, seperti situs portofolio, pribadi, atau alamat email pribadi.

Saat diluncurkan, proses pendaftaran domain MY.ID memerlukan verifikasi identitas dengan kartu identitas atau paspor. Namun, saat ini proses verifikasi KTP atau paspor sudah tidak diperlukan lagi. Cukup periksa apakah email Anda  masih berfungsi.

Baca Juga : Apa itu Domain Forwarding? Pengertian dan Fungsinya

5+ Alasan Menggunakan Domain MY.ID

Inilah 5 alasan mengapa Anda harus menggunakan domain MY.ID!

Harga Lebih Murah

Anda tidak perlu mengeluarkan  banyak uang untuk  membeli domain MY.ID. Hanya dengan Rp 10.000 saja Anda sudah bisa mendapatkannya. Bahkan, harganya sepuluh kali  lebih murah daripada nama domain .COM! Sulit dipercaya?

Baca Juga :  5+ Situs Domain Generator Untuk Website Anda

Tunjukkan Identitas Anda

Domain MY.ID khusus untuk situs web pribadi. Dari namanya, saja ID dapat mewakili situs web sebagai “My Identity” atau “My International Domain”. Oleh karena itu, domain ini sangat cocok untuk situs web pribadi seperti blog atau situs web portofolio. Namun, ingatlah bahwa nama domain yang bagus saja tidak cukup untuk mewakili identitas Anda. Anda juga perlu memaksimalkan  konten website Anda dengan terbaik.

Pilihan Nama Domain Lebih Banyak

Dibandingkan dengan domain .COM, domain MY.ID  belum banyak digunakan. Artinya masih banyak kemungkinan ketersediaan domain dengan ekstensi MY.ID. Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk mengganti nama domain pilihan Anda.

Kemungkinan Besar untuk Muncul Pertama Kali di  Google Page

Domain MY.ID adalah jenis domain .ID (ccTLD). Ternyata nama domain bisa meningkatkan peringkat sebuah website di  pencarian . Terutama mencari pengguna Indonesia. Mengapa? Dilansir dari MOZ, Google akan mendeteksi bahwa situs tersebut relevan dan terkait dengan wilayah tertentu, dalam hal ini Indonesia.

Jadi, jika target audiens spesifik Anda berada di Indonesia, domain MY.ID adalah pilihan yang tepat. Website Anda juga kemungkinan besar akan muncul di halaman pertama Google, atau bahkan di posisi teratas.

Akses Lebih Cepat

Selain meningkatkan peluang Anda untuk tampil di halaman pertama mesin pencari, domain MY.ID juga memberikan akses yang lebih cepat. Mengapa? Memang, domain name server (DNS) berada di Indonesia dan dikelola oleh PANDI.

Dengan demikian, pengunjung website domain MY.ID dapat mengakses website lebih cepat dan menghemat bandwidth. Jika aksesnya mudah dan cepat, pengunjung  akan puas dengan performa website Anda. Hal ini secara tidak langsung dapat mempengaruhi kualitas SEO Anda.

Mudah Diingat

Menggunakan domain my.id memudahkan pengunjung untuk mengingat nama situs web atau blog mereka daripada menggunakan akhiran domain gratis yang lebih panjang, misalnya ..com atau ..com.

Baca Juga :  Kelebihan dan Kekurangan Google Adsense

Lebih SEO Friendly

Jika target audiens berada di Indonesia, blog atau website yang menggunakan  dot id ccTLD akan mendapat peringkat lebih tinggi di  mesin pencari seperti Google karena Google melihat situs di .ID (termasuk menyertakan domain my.id) yang berhubungan dengan bahasa Indonesia. Jadi ini adalah kesempatan untuk muncul di halaman pertama atau halaman awal pencarian akan terbuka lebar.

Kepemilikan yang Jelas

Selama pendaftaran dan pembelian domain my.id, diperlukan Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk proses aktivasi. Hal ini menunjukkan bahwa domain my.id lebih bertanggung jawab baik  konten maupun kepemilikannya.

Menunjukkan Rasa Cinta Tanah Air dan Jati Diri Bangsa

Bentuk patriotisme dapat dilakukan dengan membeli dan menggunakan domain .id, salah satunya  menggunakan domain my.id. Seperti yang kita ketahui bersama, domain .id adalah  Country-Code Top Level Domain (ccTLD), nama domain negara Indonesia = id. Sehingga dengan menggunakan domain id secara tidak langsung menunjukkan bahwa website dengan akhiran .ID tersebut merupakan domain yang berasal dari negara Indonesia.

Gunakan domain MY.ID sekarang!

Inilah beberapa alasan domain MY.ID yang bisa Anda ketahui. Domain MY.ID bermanfaat untuk membuat website atau blog pribadi. Ternyata dengan domain MY.ID Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak dan pilihan domain yang tersedia  juga lebih banyak dari pada menggunakan domain .COM

Anda tidak perlu khawatir website Anda kalah bersaing dengan situs domain .COM karena domain MY.ID dianggap lebih relevan bagi pengguna Indonesia. Yang terpenting  website dengan nama domain ini bisa menjadi citra diri atau representasi diri sendiri.