fbpx

3 Cara Memperpendek Link Mudah dan Praktis untuk Situs

Ada banyak cara yang digunakan untuk memperpendek link, hal ini agar terlihat lebih praktis. Inilah 2 cara memperpendek link yang bisa dilakukan dengan mudah.

Pernahkah Anda menyalin suatu link namun rupanya tak tampak indah lantaran terlihat sangat panjang? Kalau jawabannya iya, maka Anda wajib mencoba langsung cara memperpendek link yang menjadi pembahasan kali ini. Pasalnya akan terdapat cara membuat shortlink untuk mempercantik link yang akan dipakai.

Adapun tips serta cara memperpendek link pada di bawah ini terbilang sangat mudah siapa pun coba mulai dari pelajar sampai pemilik sebuah sekalipun. Selain itu cara tersebut dapat diakses tanpa harus mengeluarkan biaya alias gratis. Anda dapat memilih salah satu metode tersedia jika ingin menciptakan shortlink. Bukan itu saja ada juga rekomendasi situs memperpendek sebuah link yang perlu Anda coba.

3 Cara Memperpendek Link yang Mudah

Biasanya membagikan link dipakai dengan tujuan marketing atau maupun conversion atau berarti konversi. Tetapi membagikan link dengan tulisan panjang pastinya menghadirkan kesan tak praktis dan sering kali dapat melampaui adanya kuota karakter yang diizinkan. Karena itulah penulis perlu mengetahui bagiamana cara memperpendek link. 

Bukan itu saja, link URL yang sangat panjang nantinya membingungkan para audiens serta tak mudah mereka ingat. Hal ini pun berdampak terhadap pengaruh pada sebuah konten. Dikarenakan link yang sangat panjang, para audiens nantinya tak berkunjung maupun menekan situs milik Anda. Tentu saja Anda tidak ingin kalau hal seperti itu terjadi dalam konten milik Anda.

Agar dapat menghindarinya, Anda dapat memanfaatkan sejumlah aplikasi maupun yang dapat membantu Anda dalam cara memperpendek link laman sebuah situs. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan sederhana.

Baca Juga :  Cara Membuat Cloud Server Sendiri dengan Mudah

1. Memperpendek link menggunakan bitly

Adapun cara memperpendek link yang bisa Anda terapkan pertama adalah dengan memakai Bitly. Adapun Bitly adalah salah satu website penyedia layanan agar dapat memperpendek suatu link URL yang tulisannya sangat panjang. Bitly memang termasuk salah satu penyedia populer dari sekian banyaknya platform shortener URL. Hal ini lantaran penggunaannya sendiri terbilangs angatlah mudah.

Bukan itu saja, fitur dari Bitly ini sangat lengkap. Misalnya saja membuat sebuah branded link, insight dari hasil menekan link, redirect link atau merubah URL tujuan serta masing banyak lagi. Adapun cara memperpendek link memakai platform Bitly terbilang mudah, Anda dapat mengkuti cara-cara berikut ini.

  • Pertama-tama buka website Bitly pada pilihan.
  • Berikutnya temukan kolom berupa Shorten Link yag tersedia pada laman.
  • Setelah itu salin link yang hendak Anda jadikan lebih pendek.
  • Selanjutnya tuliskan link dalam kolom bernama Shorten your link tadi.
  • Lanjutkan langkahnya dengan menekan Shorter lalu link yang awalnya panjang sekarang telah lebih pendek dan nantinya muncul secara langsung dalam kolom itu.
  • Sesudah jadi, Anda dapat salin link dengan cara tekan copy. Kini link sudah jadi serta siap untuk Anda bagikan.

Seperti itulah bagaimana cara memperpendek link memakai Bitly yang sangat mudah serta simpel untuk Anda terapkan.

2. Memperpendak Link URL menggunakan Google

Berikutnya ada cara memperpendek link menggunakan Google. Adapun cara kali ini dapat dipakai untuk Anda yang kerap membagikan Google atau Google Form untuk kepentingan tersendiri. Contohnya saja yakni kebutuhan registrasi ataupun memperoleh database serta lain hal lagi. Sementara itu agar dapat memperpendek link dari platform Google, Anda tak perlu memakai situs sebagai pihak ketiga. Pasalnya Google Form sendiri sudah dilengkapi pula dengan fitur agar dapat memperpendek link.

Baca Juga Artikel Berikut : Cara Cek Backlink Kompetitor Secara Mudah!

Tetapi fitur yang ada jarang dipakai lantaran tak dapat melakukan customized. Untuk Anda yang membutuhkan langkah memperpendek link pada platform Google dapat mengikuti langkah berikut. 

  • Pertama tekan icon link yang terdapat dalam layanan Google Form.
  • Apabila link sudah tampil, berikutnya carilah kalimat bertuliskan atau bisa Shorten Link yang berada tepat di bagian bawah linknya.
  • Setelah itu centang tepat di kolom bertuliskan Shorten Link atau bisa pula Perpendek Link.
  • Selanjutnya, tulisan link milik Anda telah lebih pendek sekaligus siap dibagikan ke pengguna lain.
Baca Juga :  Perbedaan HTTP dan HTTPS, Mana yang Bagus?

3. Perpendek link Youtube

Bagi Anda yang kerap bermain sosmed pasti sering pula membagikan link dari untuk kemudian dibagikan lewat sosial media lain. Pastinya link itu tak akan mudah Anda ingat kalau sangat panjang serta bisa saja menyebabkan orang merasa malas ketika membukanya. Beruntung ada langkah praktis agar dapat memperpendek link ataupun URL dari sebuah channel Youtube dengan cara berikut.

  • Pertama buka website Youtube lalu tekan link berupa profil kanal Youtube dan pilihlah Youtube Studio.
  • Berikutnya tekan ikon bergambar Roda dalam Youtube Studio kemudian tekan Channel lanjutkan dengan kelayakan fitur serta status dan fitur.
  • Pilihlah kelayakan fitur lalu tentukan pilihan Status dan Fitur pada bagian terbawahnya.
  • Sesudah terbuka Anda dapat memilih opsi URL Kustom serta tekan aktifkan dan kini pun telah dapat dibagikan.

Itulah beberapa cara memperpendek link yang mudah dan dapat Anda terapkan langsung. 

Baca Juga Artikel Berikut : Cara Mengubah Domain dan Permalink Termudah