fbpx

10+ Dampak Positif Internet Yang Wajib Diketahui Penggunanya

Dewasa ini, hampir semua orang mengakses internet setiap hari. Tujuan dan keperluannya bermacam-macam, ada yang ingin membangun konektivitas hingga memperoleh kemudahan . Ini bagian dari dampak internet positif bagi penggunanya.

Sayangnya, internet juga punya lusinan dampak negatif. Ada konten-konten ‘merusak’ di sana. Tapi, kurang bijak kalau hanya fokus pada kekurangan internet lalu memilih untuk anti internet. Sebab, internet menawarkan banyak sisi positif yang bisa dimanfaatkan untuk kebaikan. 

Intinya, terserah Anda saja, mau memanfaatkan internet untuk hal positif (internet positif) atau hal negatif? Kalau sih jelas mendukung yang pertama dong.

Berikut adalah 10+ dampak internet positif yang menarik untuk disimak. Nomor 5 berkaitan dengan bisnis !

Dampak Internet Positif Yang Wajib Diketahui

Ilustrasi Internet Positif
Ilustrasi 10+ Dampak Positif Internet Yang Wajib Diketahui Penggunanya

1. Memudahkan Komunikasi dan Berbagi Informasi

Internet memudahkan Anda dalam memperoleh informasi. Berbagai topik tersedia di sana. Anda tinggal buka , lalu mengetikkan kata kunci yang Anda inginkan. Misal, ketik “apa itu ”, maka mesin pencari (misal : Google) akan menampilkan informasi yang relevan. 

Inilah salah satu manfaat internet positif, membantu Anda mendapatkan informasi yang baik dan lengkap. Melalui cara ini, arus pertukaran informasi juga lebih ringkas.

Anda juga bisa mempelajari hal-hal yang umumnya tidak diperoleh dari pendidikan formal, misalnya cara mengembangkan kecerdasan emosional. 

Selain itu, internet memperkenalkan kita dengan cara berteman yang asik. Anda bisa terhubung dan menjalin pertemanan dengan banyak orang dari berbagai belahan dunia. Wah, ini sih sudah tidak asing lagi, ya kan? Hayo mengaku, berapa banyak koneksi socmed Anda yang berasal dari kota, negara, atau benua yang berbeda?

2. Wadah Aspirasi

Salah satu manfaat internet positif adalah bisa digunakan sebagai media untuk menyalurkan aspirasi, saran, dan kritik. Ya, dahulu menyampaikan aspirasi harus melalui demonstrasi. Sekarang semudah menyentuh tuts keyboard saja. Medianya pun bermacam-macam, ada platform socmed, forum komunitas , dsb.

Baca Juga :  Berikut Tips Bisnis Online di Website, Dijamin Lebih Menguntungkan

3. Hiburan dan Peluang Kerja

Anda suka menghabiskan waktu berjam-jam menonton ? Ini salah satu manfaat internet positif, yaitu menyuguhkan hiburan bagi Anda.

Anda bisa memiliki akses lebih luas ke dunia hiburan, seperti menonton video gratis maupun berbayar, menonton film, memutar musik, hingga main game online. Selain itu, Anda juga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dengan bergabung di .

Baca Juga : Situs Freelance Terbaik Untuk Cari Uang di 2022

4. Memudahkan Akses Pelayanan Publik

Manfaat internet positif lainnya adalah memudahkan Anda, atau masyarakat pada umumnya, untuk mengakses pelayanan publik. 

Misal untuk mendaftar vaksin, Anda bisa mengakses website  Peduli Lindungi. Nanti, Anda diarahkan pada langkah-langkah selanjutnya sampai akhirnya mendapatkan kode OTP.  

5. Sarana Bisnis

Para pelaku bisa memperkenalkan bisnis mereka melalui internet. Bukan itu saja, internet bisa berperan sebagai sarana pembayaran. Jadi, pembeli dan penjual tidak harus saling bertemu tatap muka untuk melakukan transaksi. 

Lihat saja, internet sudah memudahkan akses ke rekening bank. Ini tentu meringkas proses transaksi yang panjang, bukan? Anda juga bisa membeli produk dengan harga paling ideal, karena Anda bisa dengan mudah membandingkan penawaran yang ada melalui internet.  

bisnis kini segampang bercuit di social media, lebih praktis, dan ramah budget.

Baca Juga : Inilah Perbedaan SEO dan SEM Bagi Website Bisnis Yang Wajib Diketahui

6. Mendukung Pengembangan Diri

Tidak sulit menemukan konten-konten yang mendukung pengembangan diri. Bahkan, sebagian dari informasi tersebut tersedia secara gratis di internet positif. Jadi, Anda bisa mengaksesnya tanpa perlu pusing masalah biaya. 

Again, salah satu manfaat internet positif yang keren abis!

7. Menunjang Pelayanan 

Internet banyak digunakan instansi resmi pemerintahan untuk menunjang pelayanan agar lebih praktis, cepat dan mudah. Pemerintah juga bisa menggunakan website sebagai media untuk mensosialisasikan kebijakan dan service kepada masyarakat.

8. Fasilitas Edukasi 

Internet juga bisa dimanfaatkan sebagai fasilitas belajar lho. Ingat ketika kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah dialihkan ke Study From Home (SFH)? 

Baca Juga :  5 Tantangan yang Perlu di Waspadai Saat Bisnis Online

Ya, para guru menyulap internet menjadi kelas online. Siswa pun bisa belajar dan menyerap materi dari rumah. Ini contoh lain pemanfaatan internet positif di bidang pendidikan.

9. Media Kampanye

Bagi Anda yang mau nyalon, internet bisa dimanfaatkan sebagai media kampanye lho. Tidak perlu keluar duit banyak untuk memasang baliho di sana-sini, cukup gencarkan kampanye melalui internet saja.

Manfaat internet positif ternyata bisa dirasakan hingga ke ranah politik ya!

10. Memudahkan Sistem Administrasi dan Memangkas Biaya Operasional

Ada lagi manfaat internet positif yang lainnya, yaitu membantu pemerintah dalam memudahkan sistem administrasi dan menghemat biaya operasional.

Seperti yang Anda tahu, pemerintah memiliki website untuk mengelola data secara online. Hal ini bisa mempermudah dalam menyeragamkan sistem administrasi antar instansi pemerintah. Selain itu, hal ini bisa membuat proses pelaporan keuangan dll, menjadi lebih cepat.

Anda juga tahu bahwa pemerintah pusat perlu berkoordinasi dengan pemerintah daerah. Begitu pula pemerintah daerah perlu berkoordinasi dengan pemda lainnya. Kalau harus melangsungkan pertemuan, maka hal ini dapat memakan anggaran yang cukup besar. 

Tapi melalui internet, pertemuan bisa diadakan secara virtual dengan budget tipis. Pihak-pihak tersebut tetap bisa berdiskusi sekaligus mengamankan anggaran mereka untuk hal yang lebih penting.  

11. Mendukung Keterbukaan Informasi Publik

Manfaat internet positif lainnya adalah menyediakan informasi yang bisa dengan mudah diakses oleh masyarakat luas. Hal ini meningkatkan transparansi informasi, meminimalisasi penyelewengan dan penggelapan dana. 

12. Meningkatkan Partisipasi Publik

Taukah Anda, internet membantu meningkatkan partisipasi publik. Hal ini menjadikan internet positif bagi pengguna. 

Internet memfasilitasi pemerintah untuk mengundang partisipasi masyarakatnya tanpa dibatasi oleh dimensi ruang dan waktu. Hasilnya, pemerintah bisa merekrut lebih banyak relawan, mengadakan survey, berkolaborasi dengan UMKM, atau membuka kesempatan partisipasi untuk lebih banyak pihak. 

Itulah 10+ dampak internet positif yang perlu diketahui. Bagaimana, internet cukup berguna kan? Tugas kita adalah menjadi pengguna yang bijak, agar semua manfaat tersebut bisa dimaksimalkan. Yuk, cakap berinternet!